Pesan Untuk semua masyarakat yang terkena dampak kabut asap

by - 8:14 PM

Pesan Irfan Yusmartin kepada warga yang terkena dampak kabut asap

Kabut asap belakangan menjadi permasalahan yang begitu merepotkan.  Mengingat kita semua berada dimusim kemarau alias panas dan membuat hayati benar benar gerah, bang. Pesan ini saya tujukan untuk semua kalangan tanpa membedakan status sosial ataupun ukuran baju dan sepatu. Baik itu laki-laki, perempuan maupun yang masih mencari jenis kelaminnya. Siapapun lelakinya, dari yang kerempeng hingga yg kekar sampai badan berbentuk drum minyak. Bagaimanapun perempuannya, baik yg memakai cadar, hijab, pasmina, sampai pada kelas cabe-cabean. Dari yg bergelar Doktor hingga mereka yg memang tak pernah bersekolah tapi bisa membaca tulisan ini dengan ejaan yg belum sempurna. Bukankah tak ada yang sempurna selain kita dalam lagu “Sempurna” milik Andra and the Backbone yg dulu pernah kita nyanyikan, mantan ? Ah, sudahlah

1.Berdoa

Seperti yang ulama katakan, Do’a adalah senjata. Bisa juga bantuan, karena itu kita sering membisikkan kalimat romantis dikuping teman kita yg sedang kesusahan “Aku bantu ya, pakai doa”. Maka sudah sepatutnya kita selaku manusia yg beragama mulai berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing, agar postingan ini dapat kita ambil hikmahnya dengan baik.

Berdoa dimulai.....


Berdoa selesai.

2. Memperhatikan Lingkungan

Pesan yg kedua ini bertujuan untuk melestarikan pandangan dan perhatian serta kepedulian kita pada teman, sahabat, keluarga, lingkungan atau mantan. Agar dengan perhatian tersebut dapat kita tahu bahwa siapapun dalam kehidupan memiliki jasa dan punya andil terhadap kehidupan bermasyarakat serta bernegara. Kita tidak tahu lahan mana, lahan siapa atau jenggot siapa yg terbakar. Karena itu kita perlu saling memperhatikan diri sendiri maupun orang lain, mana tahu yang terbakar adalah hati dan sanubari kita karena api cemburu.

3. Mencintai

Konon, cinta adalah energi yg terbesar dalam diri seorang manusia setelah dendam dan benci. Bilamana dalam hati kita tersimpan rasa cinta yg mendalam pada alam, maka saya berani berspekulasi bahwa alam akan kita jaga, seperti kita menjaga kekasih kita dari godaan PHO yg terkutuk.

4. Banyak beraktivitas diluar ruangan.
Saya tidak sedang bercanda soal poin ini. Tapi pada hakikatnya tujuan saya mengajak teman teman sekalian beraktivitas diluar ruangan agar kita tahu apa yg harus kita jaga. Alam, kita perlu melestarikannya. Seperti kita yang dilestarikan orangtua kita via malam jumat yang barokah.

5. Memadamkan apa yg perlu dipadamkan

Perlukah kita setiap saat mengenakan masker agar tampak lebih fashionable ? Aku akan menanyakannya pada Victoria Beckham.
Ada yang selalu terbakar tanpa kita sadari. Kesadaran kita sendiri. Mari bakar kesadaran dengan keserakahan, berjamaah.

6. Bersyukur

Hujan telah turun, apa yang telah kita lakukan ? Sudah bersyukur hari ini ? Atau sudah melakukan onani ? Jawab sendiri



TERIMA KASIH.


IRFAN H. YUSMARTIN
Calon menantu amak pajie tu

You May Also Like

5 komentar

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian