Untuk kalian yang heboh hari Kartini

by - 7:30 PM

Tulisan pendek ini saya tujukan kepada semua orang yang memiliki KTP dan paspor Indonesia dan hari ini hahahihi soal kartini. Siapapun dia, laki-laki ataupun perempuan. Seperti yang diharapkan RA. Kartini, semua gender punya kesamaan hak, termasuk didalamnya hak untuk membaca post singkat ini.

Kita warga negara Indonesia yang memiliki kebebasan berekspresi yang dilindungi Pasal 28 UUD 1945. Pasal yang paling kuingat sepanjang aku tahu arti Undang-undang dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Hari ini 21 April, hari lahirnya tokoh pergerakan perempuan di Indonesia. Iya, Raden Ajeng Kartini. Ini bukan soal penting atau tidaknya kita memperingati hari kartini. Ini soal hati.

Apa yang kita ketahui tentang Kartini cuma tentang gelap dan terang berkat YH. Abandanon ? 

Aku kira bangsa kita, bangsa Indonesia memang sedari dulu kebanyakan pagi kekurangan senja. Kebanyakan gairah, kurang perenungan. Begitu juga hari ini. Seantero negeri ini hari ini sibuk merayakan hari kartini, tapi pedulikah kita pada peninggalannya ? 

Kalau bapak, ibu, kakak, abang, om, tante, dan adik sekalian ada waktu, main-mainlah ke kota Jepara untuk mengunjungi museum Kartini. Saya yakin bapak, ibu, kakak, abang, om, tante, dan adik sekalian banyak yang belum tau soal museum kartini. Kondisinya ngenes. Tapi tak terlalu. Perawatannya masih dibawah standar dan  beberapa barang didalamnya ada yang dibawa ke museum Gajah agar bisa lebih terawat. Aku juga malu pada diriku sendiri mengingat aku baru tahu hal ini 4 tahun lalu sedangkan aku sudah heboh soal kartini sejak duduk dibangku SD.

Maka hari ini, aku sedih melihat ibu-ibu memakai kebaya dan media gembar-gembor soal hari kartini tapi tak tahu menahu soal melestarikan peninggalannya. Aku sedih. Sedih sekali.


Irfan Hidayat Yusmartin


Bukan siapa-siapa

You May Also Like

0 komentar

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian