Review American Made: Terbang sambil mengubah Amerika

by - 5:19 PM

Jika kamu seorang penggemar sejarah, marxist, sekaligus orang yang percaya bahwa amerika adalah negara terbaik yang ada didunia, kamu harus menonton film ini sesegera mungkin. Film ini bercerita tentang Barry Seal, seorang pilot komersil maskapai TWA yang merasa bosan dengan pekerjaannya. Barry Seal diperankan Tom Cruise, tentu saya tidak akan menjelaskan siapa dia. Siapapun penggemar film Hollywood pasti tahu siapa dia, "The 100 Sexiest Stars in Film History". Bermain apik, tentunya nakal dan menggemaskan.

Film ini dimulai dengan scene Barry yang membuat turbulensi palsu, sang co-pilot hanya cengar cengir dan menyelesaikan penerbangan sebaik mungkin. Konon, film ini based on true story, disalah satu scene Barry bahkan bicara "My name is Barry Seal. Some of this shit really happened. It really did". Scene dilanjutkan dengan kepulangan Barry kerumah, istrinya Lucy Seal (Sarah Wright). Scene terus dilanjutkan dengan jokes yang menggelitik (jika mengerti). Di pertengahan film, konflik-konflik terjadi dengan apik, khas film kriminal kelas kakap, Cruise bermain dengan elegan tanpa menghilangkan citra arogan. Film ini bisa dibilang berani, jika kita perhatikan. Bagaimana tidak, Doug Liman, yang menyutradai film ini mencoba membuat penonton seolah-olah merasakan apa yang terjadi pada Barry "Bertindak tanpa berpikir, tapi kadang harus banyak bertanya".



Ditengah film, kita menemukan beberapa pihak yang mencoba saling sikut, Escobar Dkk., CIA, FBI, DEA. Baca juga: Review Loving Pablo: Kisah Hidup dan cinta Pablo Escobar. Hal ini tentu akan menjadi sebuah kendala jika kita tidak benar-benar menyimak filmnya dengan baik. Geng Escobar kiranya sudah bermain apik, look like the real gangsta. Dipihak Contra, mereka lebih lucu lagi. Mereka tidak tertarik dengan AK-47 yang dibawa barry, mereka lebih tertarik pada kacamata dan sepatu yang dikenakan Barry, bahkan majalah dewasa sekali pun kalah menarik ketimbang Ray-Bens milik Barry.

Scene juga dilanjutkan dengan JB. JB adalah adik ipar Barry, troublemaker yang goblok. ditangkap karena membawa terlalu banyak uang. Alih-alih ingin menyuruh JB pergi, mobil JB meledak dan JB tidak terlihat sampai akhir film. Barangkali JB mati, dan Barry menguburnya dengan dedaunan. Atau mencincangnya dan menjadikannya sebagai santapan Escobar Dkk. Barangkali.


Dibabak akhir film, kita hanya dihadapkan dengan garam tambahan film ini, masuknya kubu gedung putih. Dan guess what.. Barry melakukan hal yang sejatinya dipikirkan sebelum dia lakukan

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat nilai 86%, sedangkan di IMDB, mendapat 7.6, Rasanya layak dan tepat bila skor sebesar ini diberikan pada American Made. Saya pribadi menganggap film ini sangat bagus sekali dari perspektif saya yang menggilai sejarah dan film-film kriminal. Hanya saja, film ini tidak menelusup lebih dalam pada kejadian yang terjadi, hanya melihat permukaan, tidak bermain lebih kuat dalam emosi Barry ataupun Lucy, maupun anak-anak. Jika saja, sang sutradara mau, tentu film ini akan lengkap jika diberikan bumbu-bumbu tentang hal demikian. Iya, perasan. But overall, good job!

You May Also Like

2 komentar

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian