Catatan untuk lupa

by - 9:53 PM

Jika hidup ini diumpakan sebuah perjalanan, maka kenangan dengan mantan adalah hal yang menyebalkan. Kenangan dengan mantan mirip ibu-ibu pakai matik dengan sen kanan tapi belok kiri, membuat kita berteriak "Anjingggg!!!", sambil menoleh ke arahnya beberapa saat. Menyebalkan memang, tapi hal menyebalkan memang dibutuhkan agar hidup lebih berwarna dan tidak B AJA.
tidak ada korelasi dengan topik. maaf

Saya seringkali menjumpai teman, (termasuk saya sendiri), yang begitu susah melupakan hal-hal yang mestinya tidak diingat. Bagaimana tidak, beberapa diantara kita dibekali ingatan yang luarbiasa adanya, sehingga lupa saja tidak bisa. Oke, kita buat lebih spesifik, Melupakan mantan saja tidak bisa. Sip.

Sebelum kita bicara bagaimana caranya agar bisa melupakan mantan, ada baiknya kita bertanya pada diri kita sendiri, "Kenapa harus?". Taruhlah alasannya sakit, perih, atau alasan-alasan sejenis lainnya. Tapi pernahkah kita sadar, bukan ingatan yang membuat kita menjadi sakit, tapi apa yang ditinggalkan. Ketika seseorang pergi, ada begitu banyak hal yang ditinggalkan, ada harapan yang begitu saja dihancurkan , ada kesan dan kenangan yang susah dilupakan, ada perasaan yang tersisa. Poin terakhir adalah alasan utama dari rasa sakit yang kita rasa. Kira-kira begini, kita tidak akan bisa melupakan orang yang menjadi teman kita bicara setiap hari, kita tidak akan bisa lupa dengan makanan kesukaannya, jalan yang pernah kita lalui bersamanya ketika hujan turun, film yang pernah kita tonton di bioskop bersamanya, atau bau parfum yang biasanya dia gunakan setiap harinya, KITA TIDAK AKAN BISA LUPA (dengan mudah).

Menurut Richard Atkinson, memori manusia terbagi tiga, ada sensory memory, short term memory dan long term memory. Sensory memory adalah memori yang hanya kita ingat beberapa saat seperti warna baju mas pecel lele yang barusan saya temui. Short term memory adalah memory yang kita ingat dalam batas waktu tertentu, seperti hari apa pembimbing akademik ditemui beberapa minggu yang lalu atau anda meminjam uang sebesar 20 ribu pada si Markona 3 hari yang lalu. Sedangkan long term memory adalah ingatan yang kita ingat melulu, bisa saja ingatan itu menyenangkan seperti hari ulangtahun atau jadian kalian, atau menyedihkan seperti kapan kakek atau nenek meninggal, poinnya adalah kesan dari kejadian tersebut. Disini timbul permasalahannya, ketika otak kita merespon apa yang kita lakukan dengan mantan pasangan sebagai hal yang berkesan, maka secara otomatis otak akan memprosesnya kedalam Long Term Memory. Cafe tempat kita nongkrong bareng mantan, bau khas parfumnya, lagu yang pernah kita dengarkan ketika cuddling bersamanya dimobil, semuanya ada dalam Long Term Memory.

Terus, gimana dong buat ngapus ingatan tentang mantan di folder Long Term? Dikomputer windows, setiap kali kita menghapus sebuah file, file yang sudah dihapus akan nyangkut di recycle bin, dan akan dibiarkan disana dalam jangka waktu tertentu sebelum benar-benar dihapus. Kita punya opsi, benar-benar menghapusnya atau melakukan restore file tersebut. Semuanya tergantung opsi apa yang kita pilih. Paragraf ini memang tidak menjelaskan soal melupakan mantan, tapi silahkan menarik garis lurusnya.

Dalam hidup, khususnya persoalan kenangan dengan mantan, kita juga punya pilihan. Membiarkannya begitu saja, melupakannya, atau menciptakan kenangan-kenangan baru dengan cara balikan, kita punya pilihan-pilihan tersebut. Tidak ada pilihan yang buruk, tidak ada pilihan yang sempurna, semuanya tergantung bagaimana kita menjalani pilihan yang sudah kita ambil. Taruhlah kita akan memilih me-restore kenangan tersebut dengan cara balikan dan kembali menjalankan hari-hari bersamanya. Apa itu salah? Tentu tidak, kadangkala cinta memang bukan perkara memaafkan, lebih dari itu, dia mengerti. Ingin membiarkan kenangan begitu saja tanpa melakukan apa-apa? Pilihan yang bagus. Seringkali manusia lebih kuat usai terluka, lebih bijak setelah dikhianati, dan anjingnya lagi, ada manusia yang lebih produktif usai terluka, dia menulis puisi, lagu, bahkan menulis novel atas dasar pengalaman sakitnya tersebut. hehe

Mau melupakan kenangan yang ada? Pilihan yang sangat bagus jika kuat dan bisa bermain dengan cantik. Ingatan yang ada di Long Term Memory tadi bisa kita hapus dengan berbagai cara. Caranya tidak instan. Percayalah, segala sesuatu akan nihil jika kita berharap segalanya instan. Sebelum melupakan, jangan lupa pisahkan kenangan dengan rasa sayang yang tertinggal. Rasa sayangnya jadikan pelengkap bumbu nasi goreng atau pelengkap kopi agar makin pahit. Tips dari saya, usahakan jangan sesekali menghubunginya, atas kepentingan apapun, kepentingan pribadi maupun partai politik, jangan. Itu akan mempersulit proses melupakan. Yang kedua, usahakan jangan datang ke tempat berkesan yang pernah kalian datangi berdua, kecuali kampus atau tempat kerja (jika kalian cinlok). Kenapa ada kecualinya? Karena biasanya tempat-tempat yang biasa kalian datangi akan terasa B AJA. Yang ketiga, jangan putar lagu patah hati atau lagu kenanangan, plis, itu merasuk ke ulu kasok hati. Jangan. Yang keempat, jangan kesepian. Usahakan ada kegiatan atau punya teman yang bisa nemenin kamu, kalau bisa yang ngusap air mata kamu pakai kaos supreme, agar air mata kamu menjadi lebih berharga. Yang kelima, aku males bilang. Nanti dibaca mantanku dan dia bisa move on. Masak aku gagal move on sendirian, kan ga lucu.


dah ah, capek ngetik, mau ngechat mantan aja, abis ena sih, dia makin sekel lagi....

You May Also Like

10 komentar

  1. Jdi pengen chat mantan lagi. hahaha

    ReplyDelete
  2. Mantan ibarat ludah yg sdah di buang, klau balikan, berarti jilat ludah yg udh jatuhπŸ˜‚

    ReplyDelete
  3. Mantan jangan diingat2 ntar sakit hati hahahah
    Mending lupain aja

    ReplyDelete
  4. Mantan mmg susah dilupakan, duh jd baper :(

    ReplyDelete
  5. cara melupakannya dengan hati yang ikhlas, cari kesibukan yg lebih bermanfaat dan menyenangkan. kalo susah ujung ujungnya ke psikiater atau hipnotis. done

    ReplyDelete

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian