Gas bumi sebagai energi yang lebih baik

by - 2:40 PM


Membumikan gas bumi bersama PGN, energi baik

Banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu gas bumi. Banyak juga diantara kita yang beranggapan gas bumi adalah gas elpiji yang dulu digalakkan pemerintah dalam program konversi minyak tanah ke gas. Ya, elpiji juga gas, tapi ada perbedaan antara gas elpiji dengan gas bumi. Perbedaanya ada pada komponen gas yang menyusunnya. Elpiji komponennya secara umum yaitu Propana dan Butana, sedangkan gas bumi, komponennya penyusun yang lebih banyak yaitu Metana. Meskipun juga terdapat unsur propana dan butana didalamnya, tetapi molekul yang paling banyak didalamnya adalah Metana. Menurut penelitian, Metana adalah molekul hidrokarbon yang paling ringan. Pertanyaannya, mana yang lebih baik menggunakan elpiji biasa atau gas bumi? Hal-hal berikut ini akan membuat kita lebih bersiap-siap untuk energi yang lebih baik.

1. Penggunaan gas bumi lebih mudah

Penggunaan gas bumi ternyata lebih mudah, alasannya gas bumi didistribusikan tidak dengan tabung seperti gas elpiji. Tidak akan ada lagi emak-emak yang keteteran membawa gas dari pangkalan kerumah. Belum lagi kalau nanti stok gas di pangkalan habis, perlu mengantre sambil membawa KK. Tidak ada lagi emak-emak yang nungguin suaminya pulang cuma untuk memasangkan regulator gas. Gas bumi didistribusikan melalui jaringan pipa gas milik PGN. Kita hanya perlu membayar tagihan seperti membayar tagihan air.

2. Lebih murah

Penggunaan gas bumi juga lebih murah, dan harganya stabil. Kita bandingkan harga gas bumi dengan elpiji. Untuk gas elpiji tabung 12 KG sekarang ini bisa kita beli seharga lebih dari 130 ribu, sedangkan berlangganan gas bumi, seharga 40 ribuan. Harga gas bumi pun tidak pernah berubah sejak tahun 2007

3. Lebih ramah lingkungan

Untuk sektor industri dan transportasi, gas bumi tidak ada emisi gas buang. Itu artinya ga bakal ada asap asap seperti bus kota pada umumnya. Namun sayangnya, baru sebagian dari sektor industri yang menggunakan gas bumi. Untuk transportasi, baru transjakarta yang menggunakannya. Wah, sayang sekali ya energi yang mudah dan murah seperti gas bumi belum kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Sosialisasi dari pemerintah tentang gas bumi memang minim, namun PT. PGN (Persero) Tbk terus mengampanyekan tentang penggunaan gas alam untuk kebutuhan rumah tangga, industri, maupun transportasi. Jaringan distribusi oleh PGN pun sudah bagus, bahkan di Sorong, Papua, gas bumi sudah bisa kita temui dan gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. 
Terima kasih PGN, kami siap untuk energi yang lebih baik



You May Also Like

0 komentar

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian