Langkah Nyata Astra Membangun Indonesia Melalui Kampung Berseri

by - 2:51 PM

Kadang, saya berpikir apa tujuan saya hidup, mungkin kalian juga pernah bertanya. Tapi, pernahkah kita benar-benar mewujudkan apa tujuan kita hidup, tujuan kita ada didunia ini? Beberapa bulan yang lalu, saya membaca berita tentang program "Kampung Berseri Astra" (KBA). Mungkin tidak banyak perusahaan yang ada di indonesia yang membuat program-progam yang bermanfaat bagi masyarakat, tapi Astra melakukan sangat banyak program, yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saya percaya, memberi manfaat pada masyarakat adalah tujuan Astra ada, selama 60 tahun Astra berdiri.

Astra adalah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta. Astra memiliki 221 anak Perusahaan diseluruh Indonesia. Anak perusahaan ini bergerak dibidang otomotif, industri, keuangan, alat berat, teknologi informasi, infrastruktur, hingga properti. Namun dengan pendapatan 181,1 triliun pada tahun lalu, tidak membuat Astra menjaga jarak dengan masyarakat. Sebaliknya, astra memberikan manfaat. Kemarin, saya baca mengenai Catur Dharma Astra. Catur Dharma adalah 4 filosofi perusahaan, yang mana filosofi ini dipegang erat oleh perusahaan, bahkan hingga hari ini kita bisa melihat bukti filosofi ini diwujudkan, salah satunya melalui program kampung berseri Astra. Dengan asas Catur Dharma ini astra terus memberikan Inspirasi pada masyarakat Indonesia.


Kunjungan Astra dan ibu Khofifah di KBA Keputih, Surabaya Jawa Timur (SWA.co.id)
Kampung Berseri Astra adalah program yang dibuat untuk memberdayakan masyarakat diberbagai sektor, meningkatkan kesejahteraan sampai memberikan kontribusi pada bidang pendidikan hingga kesehatan. Program ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, bahkan program ini diapresiasi oleh Mentri Sosial Khofifah Indar Parawansa, program Kampung Berseri Berseri sebagai wujud nyata program Nawacita yang digagas presiden Joko Widodo. Disampaikan ibu Khofifah, "Astra tidak pernah berhenti dalam menebarkan inspirasi selama 60 tahun. Kami berharap apa yang Astra bina dapat menginspirasi dan berkolaborasi dalam membangun bangsa.”.

Sebagai contoh keberhasilan Kampung Berseri Astra, tahun ini didesa Sonraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai giat dalam pertanian hortikultura, seperti tomat, cabai, labu sampai kangkung. Sebelum menjadi kampung berseri, masyarakat desa Sonraen hanya menggantungkan kehidupan pada tanaman pisang, kelapa, kemiri dan umbi-umbian. Berkat program Kampung Berseri Astra, masyarakat desa Sonreang bisa meningkatkan perekonomian mereka.
Direktur PT. Astra International dan Wakil Gubernur NTT memanen tomat di desa Sonreang, Kupang, NTT (foto: Antara)
Contoh lain, didesa Tanon, lereng gunung Telomoyo, 59 KM dari kota Semarang. Desa ini kini menjadi salah satu destinasi wisata mancanegara. Wisata yang ditawarkan adalah wisata budaya. Disini diadakan pagelaran seni, outbound ndeso, hingga dolanan tradisional. Tidak hanya itu, anak-anak didesa Tanon diberikan beasiswa pendidikan, sejumlah 24 juta untuk masing-masing 35 anak. Maka, pilar utama dalam Catur Dharma Astra sudah diwujudkan lewat Desa Tanon.






Pemberian beasiswa pendidikan oleh Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kanan), Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman (kedua kanan). (Mimbar Rakyat)

Banyak lagi kontribusi Astra Internasional untuk bangsa ini, tentu tidak terlepas dari Catur Dharma Astra, Menjadi milik bersama yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, menghargai individu dan menjalin kerjasama, dan senantiasa berusaha menjadi yang terbaik. Terimakasih untuk semua perjalanan penuh inspirasi selama 60 tahun ini, Astra. Mari bersama-sama kita memberikan manfaat dan inspirasi pada bangsa.

You May Also Like

5 komentar

  1. great article. keep up the good work!!

    ReplyDelete
  2. Menurut anda-eak- apa yang bisa membuat perusahaan ni bisa berulang kali ngasih kontribusi ke bangsa ? Apa yang mendorong sdm di dalamnya ? Apa karena mereka bekerjasama ? Memiliki niat yang sama ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. filosofi catur dharma tadi, itu yang membuat astra berulang kali memberi kontribusi. Filosofi ini dipegang teguh dan diimplemetasikan, direalisasikan, diwujudkan oleh astra

      Delete
    2. Dipegang teguh. Okee

      Delete

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian