Persahabatan Lintas Benua dan Usia

by - 2:45 PM

Dulu tahun 2010-2016 aku sangat maniak dengan facebook. Kadang sehari bisa menghabiskan waktu sepuluh sampai dua belas jam untuk mengakses facebook saja. Maklum, dulu sebelum Instagram booming, facebook menjadi tembat terbaik untuk berkeluh kesah, pamer, sekaligus belajar. Ketika itu, aku ingat aku bergabung dengan banyak sekali grup fotografi di facebook. Juga mendaftar di flickr, padahal fotonya cuma ampas doang. haha. Karena aku bergabung dengan begitu banyak grup dan menimba ilmu dari mastah fotografi disana, banyak pula para fotografer yang aku add sebagai teman. Mengobrol, diskusi dan saling tag foto. Berkat banyaknya teman di facebook,  berkat itu pula komunikasi dan tata bahasa aku mulai membaik. Dan bertemu oom ini. haha.

Dari kiri, aku, charles dan hapid.
I met this guy, charles on facebook. Kira-kira tahun 2014. Aku menambahkannya sebagai teman dan dia approve. Aku menambahkan sebagai teman ketika itu karena beliau mengunggah foto liburannya dan foto landscape yang bagus sekali. Aku like foto-foto yang beliau unggah dan obrolan pun terjadi didalam kolom komentar. Aku kemudian memulai obrolan dengan beliau dan mulai membicarakan foto liburan beliau di Lombok, Bali dan Padang.
"Aku lebih suka memotret alam daripada Angelina Jolie dengan bikini..."
Aku ingat beliau berkata demikian. Ya, memang alam menakjubkan. Bahkan sangat. Begitu juga bagi Charles. Dia sudah terlalu menggilai alam. Dia berkeliling dunia dimasa ia pensiun dari profesinya sebagai ahli musik. Berkat kecintaan pada alam, beliau juga jatuh cinta pada indonesia. Beliau sudah 6 kali mengunjungi Indonesia. Suatu hari, Charles bercerita tentang keinginannya untuk pindah ke Indonesia. Tapi istrinya menolak hal tersebut. Kadang aku tidak habis pikir, entah berapa banyak orang yang tiba-tiba jatuh cinta pada bangsa ini, ketika segelintir orang mengkhianati Indonesia dengan cara menghancurkan konstitusi dan adu domba. Juga korupsi. hehe. Charles bercerita padaku banyak hal tentang negaranya. Mulai dari Pajak, sepakbola, pendidikan, hingga Coklat. Charles sendiri lebih dari 3 kali mengirimkanku coklat Cote d'or. Siapa sih tidak mengenal coklat belgia? haha. Coklat 5 KG ketika itu terasa seperti coklat paling nikmat yang pernah aku lahap.

29 Juli lalu, aku bertemu dengan Charles dan anak perempuannya, Marie di Padang. Charles mengundang aku untuk makan malam disalahsatu Karambia Cafe, Kinol, Padang. Sebuah pengalaman yang terasa agak berbeda, diundang makan malam oleh teman yang rumahnya lebih dari  18.000 KM dari rumahku. Charles dan Julien orang yang baik dan hangat. Mereka bisa mengobrol tentang apa saja. Tentang rendang, nasi, pesawat bahkan tentang Justin Bieber yang ternyata juga Populer dinegara asalnya, Belgia. Perjalanan Pekanbaru-Padang terasa tidak melelahkan setelah bertemu mereka dan lebih dari 20 undangan lain di Karambia Cafe, Padang. Such an incredible experience.

Charles, nous vous attendrons en Indonésie, l'amitié de pekanbaru.

Beberapa jam setelah post ini diterbitkan, Charles menghubungi saya lewat facebook.

HOOO anakkuu Irfan.
Saya membaca teks Anda. tapi saya tidak tahu apakah saya bisa melakukannya di blog pribadi Anda. karena saya tidak terdaftar.

Saya hanya ingin memberi tahu Anda bahwa teks Anda membuat saya menangis begitu banyak sehingga menyentuh hati saya. Saya sangat bangga mengenal Anda. Saya sangat bersyukur bahwa Anda setuju untuk bertemu saya dengan putri saya di restoran "KARAMBIA" di kota Padang. Sedikit orang mengendarai sepeda motor 9 jam untuk bertemu teman facebook.
Sungguh, saya sangat tersentuh oleh pendekatan ramah dan persaudaraan Anda.
Saya mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih juga untuk kembang gula nanas yang Anda tawarkan kepada kami. Nanas kering lezat.

Terima kasih sekali lagi untuk teks indah yang Anda tulis di Blog Pribadi Anda.
Jika Anda mau, Anda dapat menambahkan jawaban saya.

Jika semua orang di dunia seperti Anda, hidup akan menjadi indah.
Tuhan memberkatimu adikku.
Aku sangat mencintaimu.
Aku sangat bangga padamu.
Saya berharap kita bisa bertemu lagi di Padang atau di tempat lain tahun depan. karena saya ingin kembali ke Indonesia pada Juli 2019 jika Tuhan memberi saya anugerah ini.

Semoga bahagia untuk semua keliarga mu dan semoga sukses untuk untiniversitas mu anakku
God Bless you all di Pekanbaruh ❤ 😗 🙏🙏🙏


Aku speechless. Tidak tahu ingin membalas apa, dan ikut terharu. Pertemanan memang tidak mengenal apapun.

You May Also Like

0 komentar

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian