Daerah Istimewa Gobah: Sebuah Guide Menjalankan Hidup dan Kehidupan Ngekos

by - 2:07 PM

Sebagai orang yang berkuliah di Gobah, menjalankan kehidupan ngekos di Gobah bagi saya menjadi layaknya sebuah keistimewaan yang tidak dapat dinikmati oleh orang-orang yang berkuliah di Panam, Merpoyan, maupun daerah yang membutuhkan paspor untuk berkunjung kesana, seperti Rumm.. ah sudahlah. Hidup di Gobah itu unik. Bagaimana uniknya? Uniknya, kamu akan merasakan bagaimana hidup ditengah kota Pekanbaru. Bukan Pinggir. Kalian akan merasakan bagaimana kemacetan terjadi pagi dan sore di Abdul Muis, depan SMK 2 dan lokasi lain yang akan kalian hafal titik-titik jalan berlubangnya. Kalian juga akan merasakan beberapa kali dalam setahun hiruk pikuk kampus UNRI Gobah ketika ada acara wisuda. Selain itu, tentunya biaya hidup yang berbeda dari mereka yang ngekos di Merpoyan, Panam, maupun Rumbai, bila kalian kurang cermat dalam memilih tempat mengucurkan uang jajan. Sebuah keistimewaan yang tidak dapat dirasakan semua orang.

Kampus FH Unri Panam yang terbengkalai. Source: Bahana
Tulisan ini secara khusus saya tulis untuk maba ilmu hukum UNRI, ya welcome to the clubb, air minum club keluaran indofood. Engga, engga. Selamat datang di Kampus Unri Gobah ya, jangan lupa bismillah.  Namun meskipun tidak saya tulis secara khusus, kalian yang berkuliah atau bersekolah disekitar Gobah juga bisa sedikit banyak mencari informasi seesuai judul dari postingan ini.


Tempat Tinggal

Hal yang pertama kali dibutuhkan bila merantau tentunya adalah tempat tinggal. Tentu saja kita bukan negara maju yang menyediakan shelter untuk kaum homeless atau tunawisma. Dan tentu saja kamu tidak pernah berniat luntang-lantung. Kamu butuh tempat tinggal, kos-kosan adalah salah satu yang tepenting dan mendasar dalam menjalankan kehidupan, sesuai judul. Kalau kamu tinggal di Pekanbaru, kamu bisa skip saja perihal kos-kosan ini.

Kos-kosan disekitar Gobah harganya cenderung lebih mahal ketimbang daerah lain seperti Merpoyan atau Panam. Alasannya, tentu saja NJOP atau nilai jual objek pajak di daerah ini lebih tinggi daripada daerah pinggir kotak. Karena NJOP yang tinggi, maka pajak mungkin lebih tinggi. Selain itu, lahan kosong yang bisa dibangun kos-kosan didaerah tengah kota tidak banyak, sehingga supply sedikit walaupun demand makin hari makin banyak. Hal ini yang kemudian membuat harga sewa kos lebih tinggi.

Untuk kos, saya tidak bisa merekomendasikan kos manapun selain kos saya wkwk. Ya, tulisan ini tidak disponsori oleh siapapun, jadi isinya akan obyektif. Yang bisa saya bagikan disini, kos yang benar-benar dekat dengan kampus kemungkinan harganya tinggi, dan fasilitasnya akan sedikit. Namun, bila kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa mencari kos disekitar SMA PGRI, disekitar LP atau didaerah harapan raya. Disekitar jalan Hang Jebat, Jl. Cemara juga bisa saya rekomendasikan bila memiliki kendaraan. Harga sewa kos disana akan cenderung lebih murah. Bila tidak memiliki kendaraan, coba disekitar Jl. Amal Hamzah, Kembang Harapan atau diseputaran samping kampus, di Perumahan UNRI. Disana ada kos, ramai, dan pakai jam malam. Aman tentunya.

Opsi ngontrak rumah ramai-ramai mungkin bisa jadi pilihan allternatif bila kamu tidak menemukan kos yang tepat. Atau beli rumah sih kalau bapanya sultan.

ATM

ATM didalam kampus hanya BNI ya, kalau ATM mandiri dan BRI, ada di jl. Ronggowarsito. Bisa jalan kaki terus keluar dekat kantin keperawatan unri, dekat masjid akramunnas. Di Indomaret depan kampus juga ada ATM mandiri entah BCA, lupa, ntar dicek lagi. Kalau bank Riau-Kepri, ada di PMC ya, disitu ada BRI dan BNI juga.

Food and beverages

Kalau untuk makanan, memang daerah Gobah bisa dibilang variatif alias banyak pilihan. Mulai dari nasi uduk hingga ketoprak mudah dijumpai. Ampera? Banyak. Namun karena ini makanan ini tentang selera, agak susah memberikan rekomendasi yang tepat. Makan dikantin kampus juga bisa dijadikan opsi, menimbang bila kamu tidak memiliki kendaraan. Namun, bila ada kendaraan, kamu bisa menyusuri sekitar jalan LP, disekitar PMC. Ada ampera kota jalur (koja), ampera pattimura, dan ampera lain yang saya ndak hapal semuanya. Jl. S. Parman juga bisa kalian susuri bila siang menjelang ckckck. Ada ampera bundo yang dipenuhi anak FH, ada nasi uduk, ada pizza hut deliery disana, warung pizza feby, kedai ayam, hingga bakso anda. Harga makanan variatif, pas jaman maba dulu mulai 12rb, ada juga yang 10rb tapi jauh di jl. LP/Samarinda, ampera permata namanya, hampir sampai ke lampu merah harapanraya-LP, (gatau sekarang harga masih segitu apa engga). Saya pribadi masak sendiri, atau kalau mager beli lauk doang di ampera, atau makan di kantin dalam kampus. BTW, Kantin Dewi dikampus nasinya kita yg ambil sendiri, bisa buat kalian yang pengen porsinya ekstra. Makan diluar tentu saja lebih baik untuk maba, akan menambah keakraban bersama teman.

Eh, kalau kalian anaknya harus sarapan, di Jl. Kembang Harapan ada lontong seporsi banyak harganya 5ribu doang. Susuri aja jalan Kembang Harpan, nanti ada simpang sebelah kanan, disimpang ada warung lontong, buka mulai jam 7 sampai lontongnya habis.

Grocery market

Kalau merasa berat untuk belanja barang harian di Indomaret atau alfamart, ada baiknya mencoba supermarket yang lain. Metro contohnya, pemain lama dalam bisnis supermarket di Pekanbaru. Metro ada di Jl. Harapan Raya ya, jangan coba-coba jalan kaki kesana, nanti bisa bisa opname karena jalannya kejauhan dari kampus. ckckck. Pilihan lain juga ada sih, warung disekitar kos biasanya lebih murah atau lebih mahal, tergantung barang. Ada baiknya untuk maba belanja di warung sekitar kosan, untuk menambah keakraban dengan masyarakat yang tinggal didaerah kos tersebut. Barangkali, bila sudah akrab nanti, kalian bisa berhutang wkwk..

Toko Buku dan ATK

Selain Gramedia yang jaraknya beberapa ratus meter dari kampus, kalian juga bisa membeli alat tulis disekitar kampus. Kalau buku untuk referensi kuliah, bisa kalian cari di pasar kodim, lebih hemat beberapa puluh ribu. Silahkan kawan-kawan dengan kendaraan pribadi atau ojol ke deretan toko buku di jl. A. Yani tersebut.

Tempat Nongkrong

Gobah penuh dengan tempat nongkrong. Jalan Sumatera penuh dengan cafe. Bundaran Keris? Jangan kaget kalau disana nanti ketemu sama selebgram wkwk. Pilihan tempat nongkrong di Gobah banyak sekali, tinggal sesuaikan dengan kantong dan kenyamanan kawan-kawan. Dijalan WR, ada banyak yang menjual jus, harganya relatif sama satu warung dengan yg lain.

Sementara itu dulu ya, cape nih ngetiknya. Nanti kita update lagikapan-kapan. Sampai jumpa dikampus. Kalau ada kesulitan, feel free to contact me on instagram @irfanyusmartin atau twitter @irfanyusmartin juga. Jangan lupa follow ya :)

You May Also Like

0 komentar

ABOUT ME

About Me

IRFAN HIDAYAT YUSMARTIN

Living life and peace

Kampar, Indonesia

Kolom Pencarian